Review Anime : Phantom Requiem For the Phantom

Review Anime : Phantom Requiem For the Phantom

1308708_Japanese_ShowDetailHeaderDesktop_d181dfb3-d765-e711-8175-020165574d09

Yosh, udah cukup lama saya gak mengulas anime, kini saya bakal ngebahas salah satu anime yang cukup lawas tapi recomended banget, nama animenya adalah Phantom Requiem foR the Phantom, mungkin kalian ada yang sama sekali belum mengenal anime ini ? atau udah ada yang kenal dan udah nonton ? Jujur saya sih sama sekali gak kenal sama anime ini, saya menemukan anime ini ketika mencari anime buat di download pas kuota lagi gede dan saya melihat ratingnya yang cukup besar, ini membuat saya penasaran dan akhirnya saya download, tapi jujur anime ini saya download di tahun 2015/2016 dan baru saya tonton baru-baru ini di tahun 2018. Nah gimana dengan review-nya ? Yooo disimak ….

STORY

Phantom-Requiem-for-the-Phantom.jpg

Ceritanya kayak mafia-mafiaan gitu, dan yang jadi pusat cerita adalah si Zwei atau nama aslinya adalah Azuma Reiji, jadi dalam anime ini menceritakan kisah hidup seorang turis jepang yang tiba-tiba disekap di negara Amerika, tanpa diduga ternyata si Azuma ini dijadikan sampel dan di cuci otaknya oleh seorang ilmuan/master yang bernama Sycthe. Akibatnya Azuma dijadikan sebuah “senjata” untuk kelompok mafia ternama. Azuma Reiji atau dikenal sebagai Zwei lalu mau tak mau menjadi “senjata” dan “anjing” bagi mafia bernama Inferno, disana ia direkrut sebagai pembunuh, ya azuma dijadikan sampel dan kini Azuma menjaid Zwei si “Phantom” Pembunuh. Zwei adalah sampel atau percobaan kedua dari Master Sycthe karena sebelumnya telah ada “Phantom” yang pertama yaitu Ein. Ein dan Zwei kini dikenal sebagai “Phantom”. Disini kita bakal melihat perjuangan hidup Zwei yang telah bergabung dengan kelompok mafia bernama Inferno, anime ini bukan Cuma soal bunuh-bunuhan atau mafia-mafiaan karena lebih dari itu anime ini menyuguhkan cerita yang luar biasa, mungkin kalau anime ini lebih dieksekusi lebih baik dan lebih mengekslpoitasi sisi dramanya mungkin bakal jadi anime yang bisa menguras air mata.

Jujur saja dasar cerita atau plotnya emang terbilang keren dan anti mainstream, seperti anime-anime bertema mafia lainnya, menurut saya anime ini memiliki alur yang lambat dan santai namun tetap berbobot dan kompleks. Dari genrenya kita bisa melihat ada “Drama” di anime ini, dan benar saja drama di anime ini cukup mengharukan, kenapa saya bilang begitu ya karena dalam anime ini kita bisa melihat perjuangan seseorang dalam memperjuangkan hidupnya atau lebih ringkasnya adalah cara bertahan hidup, saya melihat karakter Zwei ini seperti mewakili setiap manusia di muka bumi ini yang ingin tetap hidup walau diterpa berbagai problema kehidupan. Betapa berharganya kehidupan “normal” dan betapa berharganya “kenangan” yang kita miliki selama hidup.

Bisa saya katakan anime ini ditujukan untuk 17 tahun ketas karena memang ceritanya agak berat dan bisa dibilang “dark” atau suram, terlebih lagi terdapat banyak sekali adegan-adegan pembunuhan yang gak baik untuk dilihat mereka yang masih dibawah umur, juga terdapat beberapa adegan dewasa yang sepatutnya gak dilihat oleh mereka yang dibawah umur. Anime ini cocok sekali ditonton bagi yang sudah dewasa atau bosan dengan anime mainstream.

Nilai : 8/10

CHARACTER

Zwei (Azuma Reiji)

maxresdefault (1).jpg

Seorang turis Jepang yang entah kenapa berada di Amerika, ia djadikan sampel percobaan oleh seorang ilmuan dan hasilnya ia menjadi seorang senjata pembunuh bagi kelompok mafia, dalam anime ini disebut dengan “Phantom”. Zwei sendiri memiliki sifat manusia normal yang ingin bertahan hidup dan ingin memiliki kehidupan normal, walau ia telah dicuci otaknya tapi ia masih punya hati nurani dan perasaan layaknya manusia biasa. Saya bisa turut merasakan apa yang dirasakan karakter Zwei ini karena memang masalah yang ia hadapi seperti sangat nyata. Zwei dikenal sebagai “Phantom” terkuat.

Ein (Eren)

phantom21-00024

“Phantom” pertama yang dibuat dan Ein juga lah yang mengajari Zwei cara bertarung dan membunuh, Ein ini berbeda sekali dengan Zwei, Ein sepertinya amat sangat di cuci otaknya sehingga ia tidak memiliki emosi layaknya manusia biasa, ia hanya menampilkan ekspresi yang datar dan tidak memilki perasaan, ia hanya menuruti apa yang diperintahkan oleh Master Sycthe. Namun lambat laun Ein ini sedikit demi sedikit mulai berubah ketika ia melewati waktu bersama Zwei, tidak dijelaskan dengan jelas latar belakang Ein sehingga masa lalunya sangat samar.

Master Sycthe (Giuseppe)

phantom21-00022

Dialah dalang dari “Phantom” itu sendiri karena ialah yang menciptakan “Phantom”, Master Sycthe ini menurut saya memiliki ambisi yang sangat besar dan sepertinya memiliki rasa haus akan kekuasaan dan ingin menguasai seluruhnya, digambarkan bahwa Master Sycthe ini adalah bawahan dari seorang eksekutif mafia hingga pada akhirnya ia berkhianat dan kemudian melarikan diri. Bagi saya dia ini ingin sekali menunjukkan kepada dunia bahwa ciptaanya sangat luar biasa dan ingin diakui. Saya akan bocorkan sedikit ceritanya, ya jadi menurut saya si Master ini adalah biang kerok atau bisa dibilang musuh utama dalam anime ini. Jujur saya amat kesal dengan Master ini.

Cal

phantom14-00014.jpg

Seseorang yang diselamatkan oleh Zwei, Cal dipungut oleh Zwei ketika “kakak”-nya tewas dibunuh oleh mafia, setelah kejadian tersebut Cal hidup bersama Zwei dan sempat menjadi asisten dari Zwei ketika Zwei melaksanakan misinya. Hingga pada akhirnya suatu kejadian membuat Zwei dan Cal terpisah, dan pada akhirnya mereka bertemu kembali namun dengan kondisi yang berbeda. Cal ini memiliki sifat yang periang dan terbuka, manis dan cantik, namun semua berubah ketika ia berpisah dengan Zwei.

Grafik

tumblr_n7c5s8cgF41sg9gi2o1_500.gif

Karena anime ini bisa dibilang anime lawas ya bisa dimaklumi grafiknya, karena anime ini keluar pada tahun 2009 dan saya tonton pada tahun 2018 tentunya sangat memilki perbedaan dengan anime-anime yang muncul di tahun 2018 ini. Namun sepertinya anime ini pada masanya memilki grafik yang cukup oke, animasinya mengingatkan saya dengan anime buatan dari “Madhouse”. Overall saya menikmati dan tidak memilki masalah dengan grafik atau animasinya.

Nilai : 7.5/10

OST/SOUNDTRACK

some-pics-of-Zwei-phantom-requiem-for-the-phantom-24367557-1280-720.jpg

Opening :

Rada-rada horror gitu macem opening Another, lagunya mengingatkan saya kepada anime-anime berjenis “Psychological” yang terkenal dengan nuansa yang suram dan gelap juga horor.

Ending :

Lagu endingnya juga rada-rada horor gitu, dan liriknya pun sangat menggambarkan isi dari anime itu sendiri.

Lalu efek-efek suara yang ada dalam anime ini bagi saya sangat keren dan cocok sekali, karena efek-efek suara yang ada dalam anime ini sangat mendukung dan menyatu dengan adegan dan cerita yang ada.

Nilai : 6.5/10

KESIMPULAN

Phantoms-phantom-requiem-for-the-phantom-24367361-640-364

Anime yang sangat keren dan sangat menginspirasi, juga mengajarkan kepada kita bahwa pentingnya arti kehidupan. Anime yang cocok ditonton oleh orang dewasa, memiliki cerita yang anti mainstream dan memiliki plot yang keren apalagi sangat banyak pesan moral atau pelajaran yang dapat kita ambil dari anime Phantom Requiem for the Phantom ini.

Nilai : 7.5/10

WARNING !!! SPOILER ALERT

zwei.png

Eits tapi saya ada beberapa catatan nih tentang anime ini, yaitu tentang masih banyaknya hal yang menjadi misteri dan belum terpecahkan hingga akhir episode, saya uraikan satu-satu misteri yang masih buat saya penasaran diantaranya :

  • Masa Lalu Azuma Reiji

Belum diceritakan asal-usul Reiji, yang ada bahwa kenyataan ia adalah warga Jepang dan masih memiliki keluarga di Jepang, selebihnya tidak diceritakan apa-apa lagi padahal banyak spekulasi bermunculan ketika saat Reiji menelepon Keluarganya di Jepang, saat itu yang mengangkatnya adalah suara wanita dan saya menduga bahwa itu adalah Ibunya atau paling tidak kakak/adiknya, tapi cuma sampe disitu saja setelah reiji menelepon keluarganya tidak diceritakan lagi mengenai keluarganya, bahkan sampai Reiji kembali ke Jepang tidak diceritakan masa lalunya sedikitpun.

  • Masa Lalu Eren/Ein

Sama halnya seperti Reiji yang tidak ceritakan masa lalunya, lebih parahnya lagi Ein hanya ingat bahwa ia pernah hidup di negara yang memilki langit indah dan rumpu-rumput hijau serta angin yang berhembus, sebatas itu saja yang ein ingat tentang masa lalunya, dan di akhir episode akhirnya terungkap negara asal ein yaitu Mongolia. Tapi tidak dengan kisah masa lalunya, bahkan namanya sendiri pun ia tak mengetahuinya.

  • Motif McCunnen/Claudia

Saya juga penasaran apa sih motif yang melatar belakangi semua tindakan dan usaha yang dilakukan oleh Claudia ini di Inferno sampai-sampai ia berkhianat, yang saya ketahui bahwa ia amat sangat menyayangi adiknya yaitu Romero yang digambarkan tewas dan setelah kejadian itu Claudia pun (sepertinya) bergabung dengan mafia Inferno untuk menunaikan ambisinya, entah apa ya ambisinya saya kurang ngerti, bisa dibilang si Claudia ini salah satu karakter yang penting dalam anime ini, karena semua hal hampir punya sangkut-pautnya dengan ci Claudia.

  • Latar Belakang Master Sycthe

Yang saya ketahui dia dulunya seorang dokter atau apalah di sebuah universitas di negara asalnya (saya lupa negara asalnya), saya juga penasaran kenapa sih si master ini sampe-sampe bisa menciptakan “Phantom” dan mengapa ia memilki ambisi yang sangat besar sampe-sampe berani mengkhianati Inferno dan melarikan diri.

  • Ketua Inferno

Yang diketahui cuma namanya yaitu McGwuire dan selebihnya tidak ada apa-apa lagi yang saya ketahui, di animenya ia digambarkan sebagai orang yang misterius cuma muncul saat rapat dan terlihat ia orang yang suka bersantai dan kemewahan, dan entah mengapa si ketua inferno ini kayaknya datar banget dan jarang sekali menampilkan ekspresi layaknya bos-bos kelompok besar yang biasanya suka tertawa jahat wkwk ataupun sikap yang tegas, berbeda jauh dengan si McGwuire ini (maaf kalau salah pengejaan namanya)

Sumber gambar diambil dari berbagai sumber yang saya temukan di google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s