9 Pilar di Anime Kimetsu no Yaiba

Screenshot_9

            Kimetsu no Yaiba menjadi anime yang digandrungi di tahun 2019 ini, berhasil mengalahkan One Punch Man Season 2 yang mengecewakan banyak anime lovers di seluruh dunia khususnya di Indonesia, Kimetsu no Yaiba tanpa di duga-duga menjadi anime paling hype di tahun 2019 ini, kini Kimetsu no Yaiba sudah berada di akhir ceritanya di season 1, belum ada informasi terkait dengan kelanjutan dari animenya, namun bila berkaca pada manganya mungkin saja anime ini bisa berlanjut hingga season 3.

            Kali ini saya akan membahas sesuatu yang menarik dari anime Kimetsu no Yaiba, yaitu “Pilar”, bisa dibilang Pilar dalam anime Kimetsu no Yaiba merujuk kepada sebuah kelompok/kumpulan orang-orang terpilih dari pemburu iblis, bisa dibilang kalau orang-orang yang bergabung dalam “Pilar” adalah pemburu-pemburu iblis terpilih yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Pilar terdiri dari 9 orang yang mewakili kemampuan yang berbeda-beda, seperti yang kita tahu bahwa dalam anime Kimetsu no Yaiba yang menjadi sumber kekuatan adalah teknik pernafasan yang bisa bersumber dari apapun, nah di pilar ini terdapat teknik pernafasan yang berbeda-beda, dan Pilar ini menurut saya sangat menarik apabila dibahas, yo langsung saja kita mulai.

Perlu diingat saya membuat urutan tidak berdasarkan kekuatan, karena seperti yang diketahui sejauh ini bahwa pilar terkuat yaitu Pilar Batu Gyomei dan yang kedua Pilar Angin Sanemi.

Tomioka Giyuu – Pilar Air

Screenshot_18

Giyuu merupakan pilar pertama yang diperlihatkan dalam anime Kimetsu no Yaiba, Giyuu merupakan seorang pilar air, dimana ia memiliki teknik pernafasan air sama seperti Tanjiro, bisa dibilang Giyuu ini merupakan salah satu karakter penting dalam anime Kimetsu no Yaiba, karena Giyuu-lah yang merekomendasikan Tanjiro untuk menjadi seorang pemburu iblis setelah sebelumnya ia menilai bahwa Tanjiro memiliki bakat untuk menjadi seorang pemburu iblis. Bahkan Giyuu bertanggung jawab atas Nezuko apabila kelak Nezuko membahayakan umat manusia, bukan hanya Giyuu namun juga Urokodaki pun rela bertanggung jawab apabila nanti Nezuko berbuat jahat.

Giyuu merupakan orang yang dingin, pendiam, cuek, Giyuu jarang sekali memperlihatkan ekspresi wajahnya, kesan awal yang didapatkan ketika melihat karakter Giyuu ini ia digambarkan sebagai sosok yang kuat dan sombong, namun sebenarnya Giyuu ini bukanlah orang yang sombong, ia hanya tidak banyak bicara, ia adalah karakter yang baik namun tidak peka dalam beberapa hal. Giyuu terlihat selalu menyendiri dan menjaga jarak dengan para pilar lainnya, namun tak bisa dipungkiri Giyuu merupakan orang yang baik.

Dalam versi anime Giyuu baru diperlihatkan bertarung dengan Iblis Bulan Bawah Nomor 5 yakni Rui, saat melawan Rui Giyuu dengan mudah mengalahkannya.

Shinobu Kocho – Pilar Serangga

Screenshot_12

Shinobu merupakan pilar kedua yang diperlihatkan dalam anime Kimetsu no Yaiba, Shinobu pertama kali diperkenalkan ketika Arc Gunung Natagumo, saat itu ia diberikan misi untuk pergi ke Gunung Natagumo bersama dengan Giyuu untuk membantu pemburu iblis yang berada disana.

Shinobu digambarkan sebagai sosok wanita yang ceria dan murah senyum, bahkan ia memiliki paras cantik, namun dibalik paras cantik dan senyumnya itu Shinobu sebenarnya merupakan orang yang bisa dibilang sadis, mengapa saya katakana sadis ? karena ia tidak pernah segan untuk membunuh iblis dengan teknik pernafasan yang ia miliki, berbeda dengan pemburu iblis lainnya, saat membunuh Iblis ia tidak akan memenggal kepalanya melainkan ia akan memberikan racun yang terdapat pada pedang nichirinya, mungkin hanya Shinobu-lah yang menggunakan teknik ini dalam mengalahkan iblis.

Shinobu merupakan seorang pilar dengan teknik pernafasan serangga, serangga yang dimaksud disini adalah kupu-kupu dan kekuatan utamanya terletak pada racun. Shinobu memiliki seorang kakak yakni Kanae Kocho, Kanae merupakan seorang pilar sebelum akhirnya digantikan oleh Shinobu karena mati ketika bertarung dengan iblis, sehingga Shinobu pun menggantikan kakaknya sebagai seorang pilar, Shinobu memiliki murid bernama Kanao Tsuyuri, Kanao merupakan adik angkat dari Shinobu dan akhirnya menjadi seorang Tsugoku atau murid dari seorang pilar, bisa dibilang Tsugoku ini kekuatannya setingkat dengan para pilar.

Setelah Arc Gunung Natagumo Tanjiro, Zenitsu dan Inosuke dirawat di kediaman Shinobu, selain dirawat ketiga trio tersebut diberikan latihan keras agar semakin berkembang. Pada akhirnya Shinobu menjadi dekat dengan Tanjiro, Shinobu mempercayakan impian kakaknya kepada Tanjiro, dimana impian dari kakaknya yaitu hidup berdampingan dengan iblis, karena Shinobu tak bisa menunaikan amanah kakaknya itu, maka Shinobu mempercayakan amanah dan impian kakaknya tersebut kepada Tanjiro, karena Tanjiro memiliki adik seorang iblis dan mampu hidup berdampingan dengan adiknya walau adiknya merupakan seorang Iblis.

Rengoku Kyojuro – Pilar Api

Screenshot_11

Rengoku merupakan seorang pilar api, dalam versi animenya Rengoku baru diperlihatkan ketika rapat para pilar sehingga belum banyak informasi yang dapat digali darinya, karena saya tidak ingin memberi spoiler manganya makanya saya hanya membahas sedikit mengenai rengoku si  pilar api ini.

Rengoku merupakan sosok yang sangat bersemangat dan sangat patuh terhadap aturan-aturan yang ada.

Gyomei Himejima – Pilar Batu

Screenshot_15

Gyomei merupakan pilar terkuat, bisa dibilang juga manusia terkuat dalam anime Kimetsu no Yaiba sejauh ini, Gyomei merupakan seorang pilar batu, ia digambarkan sebagai sosok yang memiliki perawakan besar, ia tidak bisa melihat karena matanya buta, namun jangan salah walau matanya buta nyatanya ia merupakan pilar terkuat. Gyomei digambarkan selalu menangis dan selalu berdoa, bisa dibilang Gyomei merupakan orang yang agamis.

Uzui Tengen – Pilar Suara

Screenshot_10

Uzui merupakan seorang pilar suara, Uzui digambarakan sebagai sosok yang nyentrik dan unik, bisa dikatakan juga mungkin lebay haha, dalam versi animenya ia selalu mengatakan kata “mencolok”. Uzui memiliki badan tinggi dan kekar, terlihat dua pedang di punggungnya, di wajahnya terdapat tanda yang berada di mata kirinya, entah apa itu belum dijelaskan dalam animenya.

Kanroji Mitsuri – Pilar Cinta

Screenshot_13

Pilar dengan teknik pernafasan yang paling aneh menurut saya wkwkwk, Kanroji merupakan seorang Pilar Cinta, entah bagaimana caranya dia bertarung menghadapi iblis hahaha, tapi kalau soal kemampuan jangan diragukan lagi karena dia merupakan seorang pilar, dimana untuk menjadi seorang pilar tidaklah mudah.

Dalam pilar hanya terdapat 2 anggota wanita yakni Shinobu dan Kanroj. Kanroji digambarkan sebagai sosok yang penuh cinta, semua hal di sekelilingnya ia pandang dengan rasa cinta wkwkwk, terlihat bahwa kanroji ini orangnya agak pemalu dan sedikit kikuk, walau pemalu tapi pakaian yang ia kenakan sangat seksi.

Tokito Muichiro – Pilar Kabut

Screenshot_14

Pilar berikutnya adalah seorang anak muda bernama Tokito, walau masih muda tapi ia sudah menjabat sebagai seorang pilar, jadi kemampuan yang ia miliki sudah tidak usah diragukan lagi, Tokito merupakan pilar kabut.

Tokito digambarkan sebagai orang yang pendiam, tidak pernah menunjukan ekspresi sama seperti giyuu, namun tokito lebih mengarah kepada orang yang benar-benar penidam, tatapannya begitu kosong. Tokito merupakan pilar termuda diantara semua pilar.

Iguro Obanai – Pilar Ular

Screenshot_17

Pilar selanjutnya adalah Obanai yang merupakan pilar ular, sama seperti Inosuke yang memiliki teknik pernafasan binatang, namun Obanai lebih mengarah kepada teknik pernafasan ular, Obanai digambarkan sebagai sosok yang tidak mudah percaya kepada seseorang dan sepertinya ia tipe orang yang acuh, Obanai memiliki peliharaan seekor ular yang selalu ia bawa kemana pun, kedua matanya memiliki warna yang berbeda, entah apakah ini salah satu bentuk kekuatannya ? patut dinanti.

Dari semua pilar saya masih penasaran dengan latar belakang dari Obanai, karena setahu saya dalam versi manganya belum banyak informasi yang dapat digali darinya. Obanai merupakan pilar yang sangat taat pada aturan, bahkan ia pernah menyerang Tanjiro, ia sepertinya orang yang keras.

Sanemi Shinazugawa – Pilar Angin

Screenshot_16

Selanjutnya merupakan pilar yang paling bar bar dan paling brutal diantaranya pilar lainnya, dia adalah Sanemi si Pilar Angin.  Bahkan di awal kemunculannya ia sudah menunjukan sifat barbarnya, saat Nezuko dan Tanjiro dibawa ke kediaman Oyakata-sama Sanemi tanpa segan menyerang Nezuko, karena Sanemi sangat benci terhadap Iblis ia tak ragu menyerang Nezuko.  Alhasil terjadi sedikit konflik dengan Tanjiro dan Sanemi menerima serangan kepala dari Tanjiro.

Sanemi digambarkan sebagai sosok yang kasar, brutal dan barbar, bisa dibilang salah satu karakter badass dalam Kimetsu no Yaiba, di tubuhnya terdapat banyak bekas luka yang membuat penampilan Sanemi seperti seorang preman wkwkwk. Kebetulan Sanemi merupakan pilar favorit saya :v mungkin banyak yang tidak suka dengan karakter yang satu ini karena Sanemi ini pernah menyakiti Nezuko, tapi saya pribadi memandang bahwa Sanemi merupakan karakter yang unik, ia sebenarnya merupakan orang yang baik hati namun karena masa lalunya ia menjadi seperti sekarang ini.

Jika tidak salah Sanemi merupakan pilar terkuat setelah Gyomei si Pilar Batu, hanya dua orang yang ia hormati dan perlakukan dengan baik yaitu Oyakata-sama dan Gyoemi, selebihnya ia perlakukan dengan barbar wkwkwk :v.

Ya itulah sedikit informasi mengenai 9 Anggota Pilar dalam Kimetsu no Yaiba, sebetulnya masih ada informasi-informasi yang ingin saya tulis, namun karena mengandung spoiler, maka saya tidak masukan, karena saya menghormati kalian yang hanya menonton versi animenya dan tidak membaca manganya.

Jadi siapa pilar favoritmu ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s